Pages

20 October 2011

Tips Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Susah tidur atau yang lebih sering disebut insomnia adalah sebuah keadaan yang dialami seseorang saat ingin tidur, dia bahkan sangat susah untuk tidur nyenyak. Oleh karena itu untuk mengatasi susah tidur, digunakan berbagai cara yang tidak menimbulkan efek samping agar tetap aman bagi penderita.

Berikut beberapa tips mengatasi susah tidur diantaranya:
  1. Berolah raga teratur karena berolah raga dapat membantu orang yang mengalami masalah susah tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur.
  2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.
  3. Jangan minum kopi berlebihan terlebih pada sore hari karena hal ini membuat sobat susah tidur.
  4. Jika saat berbaring sobat belum juga mengantuk maka cobalah membaca untuk melelahkan mata sobat.
  5. Mendengar musik sebelum tidur.
  6. Tidur yang teratur, terlebih jangan tidur berlebihan pada siang hari.
Adapun cara mengatasi susah tidur dengan menggunakan ramuan tradisional atau secara alami. Cara ini tidak sengaja saya baca di kompas.com yang mudah-mudahan bisa membantu sobat mengatasi susah tidur tersebut.

Cara mengatasi susah tidur dengan menggunakan ramuan tradisional antara lain:
  • Buah pala segar (sebuah, kira-kira 20 g) dikupas kulitnya, dicuci lalu diparut. Hasilnya diseduh dengan air panas 1/2 gelas dan campurkan madu sesendok makan, aduk, diminum saat hangat-hangat kuku. Ramuan tadi untuk sekali minum dan sehari bisa minum 1 - 2 kali.
  • Biji pala kering dengan ukuran 1/4 - 3/4-nya (2 - 4 g) ditumbuk halus, seduh air panas 1/2 gelas, campurkan madu secukupnya. Aduk dan minum selagi hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari silakan minum 1 — 2 kali.
  • Bunga pala kering sebanyak 1/2 - 1 sendok teh diseduh air panas 1/2 gelas, campurhan madu secukupnya, aduk, lalu minum hangat-hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari boleh minum 1 - 2 kali.
  • Biji adas 3/4 sendok dicuci, ditumbuk sampai halus, seduh dengan air 1/2 gelas, campur dengan sesendok makan madu, aduk dan minum hangat-hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari silakan minum 1 - 2 kali.
  • Daun putri malu segar, kira-kira segenggam (25 - 50 g) direbus dengan air 1 liter sehingga tinggal 1/2-nya. Campurhan madu secukupnya. Ramuan itu untuk diminum dua kali.

0 komentar:

Post a Comment