Pages

04 October 2011

Gejala dan Cara Pencegahan Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu bukanlah penyakit baru, usus buntu atau yang disebut dengan Appendix vermiformis merupakan organ yang berfungsi untuk suatu kekebalan tubuh dimana memiliki kelenjar limfoid.

Gejala usus buntu tergantung pada tingkat/stadium penyakit tersebut diantaranya:
  • Gejala Usus Buntu Akut
Dalam kondisi tersebut tubuh akan timbul panas tinggi, mual/muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit sehingga agak terbongkok, akan tetapi tidak semua penderita akan menunjukkan gejala usus buntu seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, atau mual/muntah saja.
  • Gejala Usus Buntu Kronik
Pada tingkatan ini gejala usus buntu yang timbul sedikit mirip dengan sakit maag dimana terjadi nyeri samar di daerah sekitar pusar dan terkadang demam yang hilang timbul. Seringkali disertai dengan rasa mual, bahkan kadang muntah, kemudian nyeri itu akan berpindah ke perut kanan bawah dengan tanda-tanda yang khas pada apendisitis akut yaitu nyeri pd titik Mc Burney.

Penyebab usus buntu dikarenakan terjadinya penyumbatan bagian dalam usus buntu, yang dikenal sebagai lumen sehingga menyebabkan tekanan meningkat, aliran darah terganggu, dan peradangan. Jika tidak segera diobati, ada kemungkinan radang usus buntu tersebut pecah dan membutuhkan penanganan medis yang sangat serius seperti operasi usus buntu.

Ada cara pencegahan usus buntu yang dapat di tempuh dengan pengobatan tradisional sehingga tidak perlu dilakukan operasi. Ramuan tradisional tersebut banyak ditemui di pasar tradisional, berikut bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:
  • Secangkir air panas
  • 2 ruas kunyit.
  • 2 sendok makan air perasan jeruk nipis.
  • Gula merah secukupnya, dan
  • Sedikit garam dapur.
Cara membuatnya yaitu:
kunyit dikupas, cuci dan diparut, diperas untuk diambil sarinya terus diendapkan selama beberapa menit, ambil beningnya (jangan endapannya) ditambahkan bahan-bahan lainnya diatas dan diminum sehari sekali dan selama 7 hari berturut.

Mudah-mudahan tips kesehatan ini bisa membantu sobat mengatasi penyakit usus buntu yang sobat hadapi. (berbagai sumber)

2 komentar:

Terima Kasih tulisannya bermanfaat. Jadi sadar akan kesehatan itu sangat penting.

I love your blog.. very nice colors & theme. Did you design this website yourself or did you hire someone to do
it for you? Plz reply as I'm looking to create my own blog and would like to find out where u got this from. thank you

Feel free to surf to my web site; Psn Code Generator []

Post a Comment