Pages

09 October 2011

Cara Mencegah Kanker Usus Menggunakan Kol Merah

Tips kesehatan, Postingan kali ini mengenai cara mencegah kanker usus dengan menggunakan kol merah. Jenis tanaman kol pada umumnya memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin dan senyawa bermanfaat di dalamnya.

Semua keluarga kol mengandung senyawa antikanker dan merupakan sumber vitamin C, vitamin A, vitamin B1, serta mineral, kalsium, kalium, klor, fosfor, sodium dan sulfur. Kandungan serat kasar pada kol sangat tinggi, sehingga dapat memperkecil risiko penyakit kanker lambung dan usus.

Tapi tahukan Anda, ternyata jenis kol merah memiliki keistimewaan tersendiri. Kol merah mengandung hampir dua kali lipat vitamin C yang ada pada kol hijau biasa.

Warna merah pada kol juga menandakan sayuran ini banyak mengandung konsentrasi polyphenol antosianin. Zat ini disebut dapat bertindak sebagai anti inflamasi, dan dapat menjadi solusi untuk berbagai macam penyakit.

Namun perlu Anda ingat antosianin dan vitamin C itu larut di air, jadi cobalah untuk gunakan sejumlah kecil air untuk mengolahnya. Selain dianugerahi banyak vitamin C dan antosianin, kol merah juga mengandung lucosinolate yang bisa berfungsi sebagai antikanker.

Glucosinolate nantinya akan dikonversi ke senyawa isotiosianat yang menurut berbagai penelitian dijelaskan dapat membantu dalam pencegahan kanker kandung kemih, payudara, kolon, dan prostat.

Jadi kesimpulannya sering-seringlah mengkonsumsi kol merah agar dapat terhindar dari kanker usus. (sehatnews.com)

0 komentar:

Post a Comment