Pages

16 September 2011

Pengertian Pendidikan Menurut Beberapa Sumber

Selama ini kita selalu berbicara tentang pendidikan, lalu pengertiannya gimana?
Menurut beberapa ahli yang merumuskan tentang pengertian pendidikan antara lain:

1. Pengertian pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara.
Pengertian pendidikan yaitu pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti ( karakter, kekuatan bathin), pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.

2. Pengertian pendidikan menurut M.J. Langeveld.
- Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan.
- Pendidikan ialah usaha menolong anak untuk melaksanakan tugastugas hidupnya, agar bisa mandiri, akil-baliq, dan bertanggung jawab secara susila.
- Pendidikan adalah usaha mencapai penentuan-diri-susila dan tanggung jawab.  

3. Pengertian pendidikan menurut John Stuart Mill
Beliau menjabarkan bahwa Pendidikan itu meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang lain untuk dia, dengan tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan.

4. Pengertian pendidikan menurut Stella van Petten Henderson
Pendidikan merupakan kombinasai dari pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan sosial.

5. Pengertian pendidikan menurut H. Horne
Pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada Tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

6. Pengertian pendidikan menurut John Dewey,
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.

7. Pengertian pendidikan menurut Ibnu Muqaffa
Mengatakan bahwa pendidikan itu ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan semua indera kita seperti makanan dan minuman, dengan yang lebih kita butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi yang merupakan santaan akal dan rohani.

8. Pengertian pendidikan menurut Kohnstamm dan Gunning
Pendidikan adalah pembentukan hati nurani. Pendidikan adalah proses pembentukan diri dan penetuan-diri secara etis, sesuai denga hati nurani.

9. Pengertian pendidikan menurut Edgar Dalle
Bahwa Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

10. Pengertian pendidikan menurut Thompson
Mengungkapkan bahwa Pendidikan adalah pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku, pikiran dan sifatnya.

11. Pengertian pendidikan menurut Plato
Menjelaskan bahwa Pendidikan itu ialah membantu perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesemurnaan.

12. Pengertian pendidikan menurut Carter V. Good
Pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan prilaku yang berlaku dalam masyarakatnya. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh sesuatu lingkungan yang terpimpin (khususnya di sekolah) sehingga iya dapat mencapai kecakapan sosial dan mengembangkan kepribadiannya.

13. Pengertian pendidikan menurut Wikipedia
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Dari semua penjelasan diatas, pengertian pendidikan bisa diartikan bahwa pendidikan adalah sebuah sistem pemberian ilmu pengetahuan kepada yang membutuhkan oleh mereka yang ahli dalam bidang tertentu. Sebagai contoh pendidikan kesehatan, dimana pelajar mendapatkan pengetahuan dari pengajar yang ahli dalam bidang kesehatan.

Sumber pengertian dari para ahli diambil dari wawan-satu.blogspot.com dan begedut.blogspot.com terima kasih kepada kedua pemilik blog sehingga saya bisa menulis dan merumuskan pengertian pendidikan, walau belum sempurna.

0 komentar:

Post a Comment