Pages

11 September 2011

Monas - Monumen Nasional Indonesia

Lihatlah dengan teliti gambar Monas ini, sangat indah kan? Inilah kebenggaan kota Jakarta. Monumen Nasional yang lebih sering disingkat Monas didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 dibawah pemerintahan Presiden Sukarno. Tugu Monas merupakan monument yang didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia. Tinggi Monas 132 meter, dan terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Lapangan Monas mengalami lima kali penggantian nama yaitu Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas.
Di sekeliling tugu Monas terdapat taman, dua buah kolam dan beberapa lapangan terbuka tempat berolahraga. Pada hari-hari libur Medan Merdeka dipenuhi pengunjung yang berekreasi menikmati pemandangan Tugu Monas dan melakukan berbagai aktivitas dalam taman Monas.


Lokasi Monas beralamat di Jl. Silang Monas, Jakarta Pusat, Bila kita berkunjung ke Monas maka kita akan melihat relief sejarah Indonesia pada halaman luar yang mengeliligi Monas. Dibagian dasar Monas juga terdapat  museum sejarah nasional Indonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Di bagian dalam cawan Monas terdapat Ruang Kemerdekaan berbentuk amphitheater. Ruangan ini dapat dicapai melalui tangga berputar di pintu sisi utara dan selatan Monas. Ruangan ini menyimpan simbol kenegaraan dan kemerdekaan Republik Indonesia. Diantaranya naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di dalam gerbang berlapis emas, lambang negara Indonesia, peta kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia berlapis emas, dan bendera merah putih, dan dinding yang bertulis naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kita juga dapat menikmati pemandangan kota Jakarta melalui pelataran puncak dan api kemerdekaan Monas, terdapat Sebuah lift pada pintu sisi selatan Monas yang akan membawa pengunjung menuju pelataran puncak berukuran 11 x 11 meter di ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Di puncak Monas terdapat cawan yang menopang nyala obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 Kilogram. Emas pada obor Monas tersebut merupakan sumbangan dari Teuku Markam, seorang Aceh yang pernah menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia, akan tetapi untuk menyambut perayaan setengah abad (50 tahun) kemerdekaan Indonesia pada tahun 1995, lembaran emas pada obor Monas ini dilapis ulang sehingga mencapai berat 50 kilogram lembaran emas. 

Monas sangat ramai saat liburan, banyak sekali orang berdatangan di Monas. Banyak kegiatan dilakukan di halaman Monas, terlebih pada malam tahun baru. Selain pengujung dalan negeri, Monas juga banyak mendatangkan wisatawan asing. Banyak orang memilih Monas sebagai tempat wisata karena Monas termasuk tempat wisata yang murah. Tiket masuk pelataran Monas seharga Rp 1000 bagi anak-anak dan Rp2.500/orang dewasa. Sedangkan yang menuju puncak Monas, anak-anak dikenakan Rp3.500 dan dewasa Rp7.500.

Sudah beberapa kali diadakannya festival Monas oleh pemerintah Jakarta Pusat. Terdapat beragam acara di festival Monas seperti pawai budaya, fashion show, bazaar dan pameran. Bagi pengunjung yang jauh terlebih diluar pulau Jawa, tidak perlu risau bekunjung ke Monas, sebab sudah tersedia hotel dekat Monas. Tinggal dipilih sesai selera dan kemampuan, karena terdiri dari penginapan biasa sampai hotel berbintang. Jadi segeralah berlibur ke Monas, karena bukan saja kebanggaan Jakarta melainkan Monas juga merupakan kebanggaan semua warga Indonesia.

1 komentar:

Terima kasih untuk Artikel yang sangat bermanfaat bagi kita semua bro, Kesempatan untuk dapat berbagi berita dengan Prediksi Bola dan Togel yang dikutip dari berbagai sumber persebahan http://likescore88.blogspot.com/ - Terima kasih telah menyisihkan waktu untuk membaca komentar saya dan jangan lupa untuk mengunjungi blog http://likescore88.blogspot.com/2013/07/agen-judi-bola-terpercaya.html... yah bro.

Post a Comment